Nusantara

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

PERTENGAHAN Ramadan 1442 H, harga cabai merah dalam Pidie, Banda Aceh serta Pidie Jaya turun sebab stok cabai saat itu masih aman. Dan petani sedang mengalami panen. Dalam pusat Pasar Sayur Pante Teungoh, Kota Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie, misalnya makna cabai merah kualitas super Rp28. 000 per kg. Harga tersebut lebih melimpah dari pekan lalu Rp35. 000 per kg. Berantakan cabai merah kualitas medium dari sebelumnya Rp30. 000 per kg, sekarang turun menjadi Rp20. 000 bohlam kg.

Berbeda dengan nilai cabai hijau yang tentu stabil pada kisaran Rp30. 000 atau Rp28. 000 per kg. Kemudian harga cabai rawit juga pada posisi stabil yaitu Rp30. 000 per kg.

“Hanya cabai merah yang harganya turun, itu mungkin karena permintaan berkurang selama Bulan berkat, ” kata Fadli, distributor cabai di pusat Rekan Sayur Pante Teungoh Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis (29/4).

baca juga: Harga Cabai

Diperkirakan nilai cabai merah berpotensi naik pada akhir Ramadan tenggat awal Lebaran Idul Fitri 1442 H. Kemungkinan itu karena biasanya pada akhir Ramadan permintaan meningkat. Apalagi saat hari mameugang (hari tradisi makan lauk daging) dua menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Kalau awal lebaran, warga di Aceh kala melaksanakan kenduri pesta pernikahan dan kenduri syukuran. Itu sebabnya harga cabai kala mahal pada awal Lebaran Idul Fitri, ” prawacana Hanum, pembeli cabai dalam Pasar Pante Teungoh Sigli. (OL-3)

Scroll Up