Panel AS Dukung Penggunaan Darurat Vaksin Moderna

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

PANEL lihai AS, Kamis (16/12), merekomendasikan persetujuan penggunaan darurat vaksin covid-19 Moderna. Ada 20 ahli yang menyampaikan dukungan tersebut dan satu abstain. Hal itu membuka jalan bagi enam juta dosis untuk mulai dikirimkan secepatnya akhir pekan tersebut.

Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) diharapkan segera memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA). Itu nantinya akan membuat vaksin Moderna menjadi yang
kedua yang disetujui di negara tersebut.

Ahli epidemiologi Arnold Monto, yang memimpin panel itu, mengatakan bahwa pemungutan suara tersebut bahkan lebih luar biasa daripada pekan lalu saat memberikan pengesahan terhadap penggunaan vaksin Pfi zer-BioNTech.

“Akademisi punya cara untuk terlibat secara detail dan apa yang sudah kami lakukan selama delapan atau sembilan jam terakhir ialah mempercakapkan detailnya, ” katanya.

Pertemuan itu terjadi ketika jumlah kematian akibat virus korona dengan cepat mendekati 310. 000 di negara yang menyesatkan parah terkena dampak di dunia itu.

Otorisasi vaksin Moderna Pengawas obat-obatan Uni Eropa atau European Medicines Agency (EMA), Kamis, mengatakan bahwa mereka akan memajukan tanggal kesimpulan
otorisasi vaksin virus korona Moderna menjadi 6 Januari.

EMA yang berbasis di Ams terdam itu berada di bawah tekanan buat mempercepat otorisasi vaksin. Awal minggu ini, EMA mempercepat jangka zaman untuk vaksin Pfizer/BioNTech.

Semula EMA hendak memutuskan vaksin Moderna yang berbasis di AS itu pada 12 Januari. Namun, EMA mengatakan bahwa perusahaan telah menyerahkan data tambahan pada
Kamis, lebih cepat dari jadwal.

“Mempertimbangkan kemajuan yang dibuat, Komite telah menjadwalkan pertemuan asing biasa pada 6 Januari 2021 untuk menyimpulkan penilaiannya jika menguatkan, ” kata
EMA mengacu pada komite obat-obatan yang menetapkan masalah tersebut.

“Pertemuan yang direncanakan di dalam 12 Januari 2021 akan dipertahankan jika diperlukan, ” tambahnya.

Uji klinis terhadap 30. 400 orang menjumpai vaksin Moderna 94, 1% efektif dalam mencegah covid-19 jika dipadankan dengan plasebo.

Vaksin tersebut berkinerja sedikit lebih baik pada orang kala yang lebih muda jika dibandingkan dengan orang tua. (Nur/AFP/I-1)

Scroll Up